Lebih Dalam Mengenai Sablon Digital

Akhir-akhir ini, sablon digital merupakan topik hangat untuk dibicarakan, baik karena kelebihan ataupun kelebihannya. Tidak hanya kaos yang bisa disablon tetapi benda-benda keramik seperti mug, keramik, piring, asbak bahkan mosepad yang terbuat dari karet pun tak terlepas  dari sablon digital. Untuk itu, mari kita bahas lebih dalam tentang Sablon digital😛

Pengertian Sablon Digital, teknik menyablon dengan menggunakan transfer paper dan mesin heat press. Sablon digital dikerjakan dengan mesin. Kelebihan sablon digital, warna sablon dapat lebih bervariasi. Proses pengerjaannya pun lebih cepat dari sablon manual, karena hanya menggunakan media kertas transfer (transfer paper). Kaos yang dibuat dengan sablon digital juga lebih cepat kering dibandingkan dengan kaos yang dibuat dengan sablon manual, karena pada sablon digital tintanya dipres dengan mesin pres digital. Sablon digital dapat menyablon foto atau gambar yang berwarna-warni. Dalam bisnis sablon, jika pesanan tidak begitu banyak atau hanya satuan, sablon digital dapat diterapkan sehingga proses pembuatannya akan lebih cepat dan menguntungkan.

Peralatan yang Diperlukan, komputer sebagai media design, printer sebagai alat pencetak, transfer paper sebagai media cetak design, mesin heat press sebagai alat untuk memindahkan design ke kain. Selain peralatan utama tersebut biasanya dibutuhkan juga peralatan pendamping seperti gunting, cutter, masking tape, plastik penahan panas, dsb.

Proses Sablon Digital, Proses sablon digital sangat singkat yaitu design dicetak di atas transfer paper menggunakan printer kemudian kertas transfer tersebut dipress bersama kain dengan tekanan dan panas tertentu selama kurang lebih 15-30 detik, dinginkan kemudian kelupas plastik penahan panasnya dan gambar akan menempel di atas kain

Jenis Sablon Digital, Jenis sablon digital adalah sebagai berikut :

  1. Sablon digital sublimasi yaitu sablon digital menggunakan tinta sublimasi. Umumnya menggunakan printer kecil sebagai alat cetaknya.
  2. Sablon digital solvent yaitu sablon digital menggunakan tinta solvent atau ecosolvent, menggunakan large format sebagai alat cetaknya.
  3. Sablon digital laser/toner yaitu sablon digital menggunakan printer laser sebagai media cetaknya.
  4. Sablon digital inkjet yaitu sablon digital menggunakan tinta dye dan printer yg dipakai adalah printer dekstop
  5. Sablon digital offset yaitu sablon digital menggunakan tinta offset dan mesin offset dalam proses cetaknya, biasanya dipakai untuk produksi massal sehingga lebih murah.
  6. Sablon flock/sticker sablon yaitu sablon digital menggunakan bahan berwarna sehingga tinggal cutting dan press dalam proses sablonnya.

 

=======================    Thanks for Reading🙂 =======================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s