Wajah Bebas Jerawat dengan Treatment Rumahan

Setelah kemarin membahas tentang komedo yang membuat wajah berjerawat dan cara menghilangkannya-meski hanya sementara😛 Nah, sekarang saatnya berbagi ilmu mengusir masalah yang tidak ada hentinya itu dengan treatment rumahan ala jeng Ayha🙂

Pada dasarnya, jerawat sering bercokol pada kulit wajah berminyak. Mengapa? karena penumpukan minyak yang berlebihan dan pengaruh polusi disekitar kita. Jika wajah tidak dirawat dengan benar dan rutin, masalah lain pada wajah akan muncul juga, seperti bintik hitam yang membuat wajah terlihat lebih tua. Tentunya Anda tidak ingin mengalaminya, kan? Untuk itu, biasanya orang-orang melakukan perawatan ekstra mahal dengan mengunjungi dokter kulit setiap bulannya. Bayangkan, berapa banyak uang yang terkuras hanya untuk sekali konsultasi dan membeli produk yang disarankan. Habis dech, gajian di awal bulan😦

Untuk itu, Ayha berikan beberapa tips membebaskan wajah dari jerawat yang biasa dilakukan tiap dua kali dalam seminggu. Perawatan rumahan alami yang tentunya tidak mahal. Bukannya yang alami lebih baik??

1. Bersikan Wajah (Cleansing)

Langkah awal perawatan murah berkhasiat ini adalah dengan membersihkan wajah dengan menggunakan facial cleanser yang sesuai dengan kulit wajah. Jangan menggosok terlalu kuat, jika tidak ingin menimbulkan iritasi wajah. Pijat perlahan dan merata kemudian bilas sampai bersih.

2. Penguapan

Langkah selanjutnya yaitu membuka pori-pori wajah dengan menguapi wajah dengan air hangat. Agar lebih maksimal dalam proses penguapan, Anda dapat menempatkan wajah di atas air hangat dalam baskom dengan menaruh handuk di kepala sebagai penghalang uap agar tidak menyebar. Ingat, hati-hati ya🙂

Proses ini tidak hanya dapat membuka pori-pori wajah. Jika Anda menambahkan minyak essential aromatherapy pada air hangat dan menghirup uapnya, maka akan menetralisir ketegangan, mengurangi stress dan memberi kenyamanan (relaxing). Aromaterapi juga bermanfaat untuk mempercepat peremajaan kulit melalui minyak esensial yang meresap ke dalam kulit sehingga meningkatkan aliran darah, mencegah timbulnya berbagai penyakit karena bersifat anti bakteri,  menormalisasi metabolisme dan pernafasan seluler, meningkatkan vitalitas dan membantu pembakaran produk lemak yang berlebihan, melembapkan dan meningkatkan kandungan oksigen serta menghilangkan racun pada kulit, membantu mengatur keseimbangan tubuh dan menstimulasi proses terapi.

3. Penggosokkan (Scrubbing)

Setelah rileks dengan penguapan, selanjutnya yaitu melakukan proses penggosokkan (scrubbing). Jika biasanya Anda membeli produk scrub wajah di toko, sekarang Anda dapat membuatnya sendiri secara alami. Lebih murah dan pastinya lebih aman.

Buat campur garam, madu dan minyak zaitun sesuai dengan kebutahan saja. Gunakan sebagai scrub dan gosok perlahan. Garam berfungsi mengikis kulit mati dan menyerap minyak sedangkan madu dan minyak zaitun membantu melembabkan wajah dan mendinginkan kulit agar tidak terasa sakit saat proses scrubbing. Gosok area wajah yang bermasalah lebih intens agar komedo dan kotoran lainnya terangkat kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Setelah mencuci wajah, mungkin masih akan terlihat sedikit komedo. Gunakan blackhead remover stick untuk mengangkat sisa komedo yang masih tertinggal.

4. Masker

Tahap selanjutnya setelah kulit mati dan kotoran pada wajah terangkat adalah dengan memberikan masker wajah alami yang dapat kita buat sendiri dengan bahan rumahan.

Kocok hingga rata campur putih telur dengan air jeruk nipis, teh bubuk, madu dan minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering kemudian tambahkan lagi hingga 3-4 kali olesan lalu bersihkan dengan air hangat. Putih telur berfungsi untuk mencerahkan wajah dan air jeruk nipis berfungsi untuk menyegarkan kulit yang lelah dan memperkecil pori-pori wajah. Teh berkhasiat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat serta membuat wajah tampak berseri dan awet muda. Madu dapat membersihkan noda atau bintik hitam pada wajah dan minyak zaitun memberikan kelembapan pada wajah sehingga wajah terasa kenyal.

5. Pelembapan

Tahap terakhir adalah dengan pemberian pelembab wajah atau serum yang biasa Anda gunakan untuk meningkatkan kolagen dan membuat wajah tampak lebih berseri.

Meski sedikit repot tetapi khasiatnya sangat nyata. Meski hasilnya lebih lama dari produk kecantikan di pasaran namun karena tidak ada bahan aktif dan berbahaya yang masuk ke dalam kulit sehingga resiko kerusakan wajah sangat sedikit. Good Luck😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s