Komedo dan Cara Menghilangkannya

Cara untuk  menghilangkan komedo sangatlah banyak dan beragam strategi. Tapi sebelum itu, kita perlu mengetahui apa sebenarnya komedo itu serta penyebab  yang mempengaruhi timbulnya komedo.

Semua orang pasti tahu tentang komedo, terutama wanita-wanita yang selalu ingin menjaga penampilannya. Pada intinya komedo timbul karena pori-pori yang tersumbat. Dan sumbatan tersebut, ada yang terbuka dan tertutup. Berdasarkan sumbatan itulah, komedo dibagi menjadi 2 jenis yaitu komedo yang terbuka atau yang populer dengan sebutan blackhead dan komedo yang tertutup kulit di atas pori-pori yang biasa disebut jerawat (acne vulgaris). Dalam artikel ini kita akan lebih dalam membahas tentang komedo yang berjenis blackhead (yang selanjutnya disebut komedo saja ya🙂

Komedo yang satu ini sangat menganggu penampilkan kita, kan? Komedo sebenarnya tidak terlalu berbintil-bintil atau terasa sakit, tidak terlalu berwarna dan ukuranya juga tidak terlalu besar. Tapi entah kenapa, makhluk yang satu ini kok rasanya tidak pernah enyah dari muka kita,ya? Nah, kali ini akan mencoba membahas bagaimana memberantas makhluk satu ini dengan cara yang efektif, sehat dan cepat.

Komedo biasanya berwarna kuning atau hitam, merupakan hasil dari produksi minyak yang berlebihan. Dari situlah komedo terbentuk dari dalam pori-pori kita dan diperparah oleh polusi serta semakin terbuka ketika teriritasi oleh berbagai kosmetik yang digunakan. Kalau terinfeksi, si komedo ini akan membengkak dan berubah wujud menjadi jerawat. Infeksi biasanya terjadi jika kita mencoba mengeluarkan komedo dengan cara memencet-mencet komedo atau karena terlalu bersemangat menggosok bagian wajah berkomedo.

Cara menghilangkan komedo tahap 1 : Menjaga Kebersihan Wajah.

Karena komedo disebabkan oleh minyak yang berlebihan untuk kunci utama menghilangkannya adalah dengan menjaga kebersihan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan handuk. Minimal miliki tiga handuk, satu untuk wajah, satu lagi untuk badan dan sisanya untuk daerah intim. Menghilangkan komedo tidak akan bekerja jika handuk kita kotor apalagi berjamur jadi jangan lupa mencucinya dalam waktu tertentu secara teratur ya🙂

Setelah itu, bersihkan wajah dengan menggunakan facial cleanser yang mengandung benzoyl peroxide, bermanfaat untuk membuang kotoran dan sel kulit mati yang terkelupas. Saat membersihkan wajah, jangan menggosok wajah terlalu kuat karena dapat mengiritasi kuli, jadi beri sedikit pijatan secara perlahan kemudian bilas dan keringkan dengan handuk bersih. Setelah kering, uapi wajah dengan air hangat (Ingat, Hati-hati ya) :D  atau seka waja dengan handuk yang sudah dicelupkan air hangat. Agar lebih mengefisienkan waktu, bilas saja wajah menggunakan air hangat setelah mencuci muka.

Cara menghilangkan komedo tahap 2 : Pilih Kosmetik Sehat

Hal kedua yang diprioritaskan setelah menjaga kebersihan adalah pandai-pandailah memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit. Jika ragu, konsultasikan ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Orang berkulit berminyak harus lebih berhati-hati memilih make up. Jika tidak akan menimbulkan kerusakan pada kulit wajah dan penyumbatan pori-pori. Berikut ini kosmetik yang perlu dihindari untuk mengefektifkan menghilangkan komedo.

  • Hindari kosmetik yang mengandung bismuth oxychloride and dimenthicone, karena dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan noda. Bahan ini biasanya terdapat pada foundation atau bedak.
  • Hindari produk kosmetik yang mengandung minyak dari petroleum
  • Hindari kosmetik yang mengandung alcohol. Hal inisangatlah penting  karena alcohol dapat menguras minyak diwajah, sehingga memaksa wajah kita untuk memproduksi minyak lebih banyak. Hal ini dapat membuat wajah lebih berminyak.

Mulai galau nih,. Tapi tenang, adapun beberapa kosmetik yang baik digunakan untuk wajah berminyak, diantaranya adalah

  • Foundation yang mengandung titanium dioxide, berfungsi sebagai pelindung alami sengatan matahari
  • atau Foundation yang mengandung kaolin clay yang akan membantu mengontrol minyak
  • Make up yang mengandung serecite, kandungan ini dapat mengurangi pelebaran pori-pori dan membantu menyerap minyak, dan
  • Make up yang mengandung zinc oxide, yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi kulit.

Cara menghilangkan komedo tahap 3 : Bersihkan Secara Manual Menggunakan Blackhead Remover Stick atau Pore Strip.

Stick yang umum digunakan oleh sebagian besar orang. Setelah membersihkan wajah dengan air hangat (seperti tahap 1), stick tersebut paling umum digunakan untuk mengangat komedo. Stick ini terbuat dari logam, dengan lubang pada ujungnya. Sebelum menggunakannya pastikan sterilisasinya terlebih dahulu dengan merebusnya dengan air mendidih.

Cara membersihkan komedo dengan menggunakan stick ini sangat mudah. Posisikan lubang stick pada komedo yang di incar lalu tekan perlahan sampai terlihat si komedo keluar. Hati-hati saat menekan, jangan terlalu bersemangat, karena tekanan berlebihan dapat membuat jaringan kulit tergores. Setelah komedo keluar, ambil komedo dan oleskan salep anti bakteri untuk menjaga bagian tersebut terinfeksi.

Jika tidak ingin terluka akibat stick tersebut, anda dapat mememilih menggunakan pore strip.

Menghilangkan komedo dengan pore strip termasuk cara yang aman tapi hanya bersifat sementar. Pore strip hanya dapat melepas komedo dari wajah, tetapi masih menyisahkan potongan-potongan komedo di dalam pori-pori. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya dengan menempelkan lembaran kertas Pore Strip ke hidung dan lepaskan lembaran pore strip setelah dibiarkan selama 10 menit. Komedo pun terlepas untuk sementara waktu.

Menghilang komedo tidak hanya dilakukan sekali dalam sebulan, perawatan rutin juga harus dilakukan. Untuk itu, jangan lewatkan tips membuat perawatan wajah ala rumahan di postingan selanjutnya ya. Good Luck.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s